TUTORIAL APLIKASI NEO+, APLIKASI PENGHASIL UANG

Analisis Lagu Berdasarkan Teori Komunikasi Massa



Dewasa ini semakin meningkat tingkat penggemar musik indie, terlebih dikalangan anak muda. Meski lantunan musik indie ini sudah ada sejak tahun 1980an, namun seiring berjalannya waktu dan  berkembangnya teknologi ini lah yang menjadi salah salah satu faktor penyebarluas musik indie. Misalnya lagu Akad oleh Payung Teduh. 


Sekarang ini banyak  media yang secara tidak langsung menjadi sarana penyebarluasan sebuah lagu. Hal ini jika dikategorikan termasuk ke dalam teori media dalam teori komunikasi massa. Dalam teori media, sebuah media tidaklah sesederhana sebuah surat kabar, internet sebagai media informasi, kamera digital, dan sebagainya. 
Di sisi lain media sebagai bagian dari pesan apapun yang dikirimkan, memiliki dampak bagi setiap individu dan masyarakat. Dapat dikatakan media merupakan sarana sosialisasi. Dalam hal ini, lagu Akad oleh Payung Teduh tersosialisasikan melalui media yang sedang berkembang pada zaman ini; TV, Radio, Internet (YouTube, Instagram, dll).

Kemudian teori uses and gratification (penggunaan dan kepuasan). Muncul sebagai reaksi terhadap komunikasi massa, yang menjadi poin utama teori ini adalah orientasi psikologis dalam memenuhi kebutuhan, motivasi, dan kepuasan pengguna media massa. Dalam lagu ini terbukti khalayak menikmati hingga terbawa/larut dalam makna lagu Akad ini. 

Berdasarkan teori uses and gratification (penggunaan dan kepuasan), lagu Akad ini menjadi media yang digunakan sebagai media kepuasan pada diri khalayak pendengar lagu Akad. Lagu ini memang banyak membuat khalayak pendengar baper meski konteksnya tertuju pada masa depan, yang belum sesuai dengan usia anak muda yang belum cukup umur untuk dipinang.

Komentar