- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Dewasa ini semakin meningkat tingkat
penggemar musik indie, terlebih dikalangan anak muda. Meski lantunan musik indie
ini sudah ada sejak tahun 1980an, namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi ini lah yang menjadi
salah salah satu faktor penyebarluas musik indie. Misalnya lagu Akad oleh
Payung Teduh.
Sekarang ini banyak media
yang secara tidak langsung menjadi sarana penyebarluasan sebuah lagu. Hal ini
jika dikategorikan termasuk ke dalam teori media dalam teori komunikasi massa. Dalam
teori media, sebuah media tidaklah sesederhana sebuah surat kabar, internet
sebagai media informasi, kamera digital, dan sebagainya.
Di sisi lain media
sebagai bagian dari pesan apapun yang dikirimkan, memiliki dampak bagi setiap
individu dan masyarakat. Dapat dikatakan media merupakan sarana sosialisasi. Dalam
hal ini, lagu Akad oleh Payung Teduh tersosialisasikan melalui media yang
sedang berkembang pada zaman ini; TV, Radio, Internet (YouTube, Instagram,
dll).
Kemudian teori uses and gratification (penggunaan dan kepuasan). Muncul sebagai
reaksi terhadap komunikasi massa, yang menjadi poin utama teori ini adalah
orientasi psikologis dalam memenuhi kebutuhan, motivasi, dan kepuasan pengguna
media massa. Dalam lagu ini terbukti khalayak menikmati hingga terbawa/larut
dalam makna lagu Akad ini.
Berdasarkan teori uses and gratification (penggunaan dan kepuasan), lagu Akad ini
menjadi media yang digunakan sebagai media kepuasan pada diri khalayak
pendengar lagu Akad. Lagu ini memang banyak membuat khalayak pendengar baper meski konteksnya tertuju pada masa
depan, yang belum sesuai dengan usia anak muda yang belum cukup umur untuk
dipinang.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar